Pelatihan Multimedia dan Teknologi Informasi Penyuluhan Pertanian

pembukaan_2

Dalam rangka Peningkatan kompetensi kelulusan dalam bidang Multimedia dan Teknologi Informasi Penyuluhan Pertanian, STPP Magelang mengadakan Pelatihan Multimedia dan Teknologi Informasi Penyuluhan Pertanian bagi mahasiswa semester 2 sebagai bekal keterampilan terapan bagi para mahasiswa sebagai calon penyuluh.

Sistem penyuluhan pertanian merupakan seluruh rangkaian pengembangan kemampuan, pengetahuan, keterampilan serta sikap pelaku utama (pelaku kegiatan pertanian) dan pelaku usaha melalui penyuluhan.

Fungsi penyuluhan pertanian terutama adalah memfasilitasi dan memotivasi proses pembelajaran pelaku utama dan pelaku usaha agar tercapai tujuan pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan peningkatan modal sosial, sehingga mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan, dan sumberdaya lainnya, sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan, dan kesejahteraannya, serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.
Tugas dan fungsi Penyuluh Pertanian secara garis besar adalah melaksanakan fungsi sebagai fasilitator dalam kegiatan penyuluhan pertanian. Sebagai salah satu penunjang dalam kegiatan tersebut adalah penguasaan produksi media penyuluhan pertanian, sehingga lulusan STPP perlu dibekali tentang pembuatan media penyuluhan yang baik sebagai alat dan media menyuluh.

pembukaan narasumber_1 kelas_1 praktek_sablon