STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan Sebagai Tempat Penyelenggaraan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Bidang Livestock/Peternakan Tingkat Propinsi Jawa Tengah

100_6218Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan kegiatan yang mengasah kompetensi siswa yang mencakup knowledge, skill, dan attitude. Kegiatan lomba diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Universitas Negeri Tidar Magelang. Lomba ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun sekali, pemenang lomba tingkat propinsi akan mewakili Jawa Tengah dalam kegiatan yang sama ke tingkat Nasional.

Kegiatan lomba tahun 2014 merupakan lomba ke 23 dan setelah melalui studi kelayakan, Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan diberikan kepercayaan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan lomba khususnya mata lomba di bidang livestock/peternakan. Keberadaan STPP dengan SDM yang kompeten, memiliki fasilitas sarana prasarana yang meliputi; ruang kelas, laboratorium, ruang sidang, dan perpustakaan telah memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 12, 13, dan 14 September 2014.

Bidang LKS SMK meliputi pertanian, perikanan, dan kelautan, dengan mata lomba; Agronomic, Fishery, Livestock, Post Harvest Technology. Jumlah peserta untuk mata lomba bidang livestock/peternakan sebanyak 12 peserta dari seluruh SMK di Jawa Tengah, juri berasal dari STPP Magelang sejumlah 2 orang dan 1 orang merupakan praktisi unggas. Mata lomba livestock/peternakan bertemakan “Agribisnis Ayam Pedaging (Broiler) Standar Nasional”. Kompetensi yang dilombakan meliputi tes teori berbasis bahasa Inggris, praktik dengan bidang kompetensi meliputi; brooding, seleksi, seksing, vaksinasi, pemanenan, dan identifikasi organ dan penyakit melalui bedah bangkai ayam, serta kompetensi presentasi makalah yang menunjang tema lomba berbasis bahasa Inggris.

Selamat bagi pemenang lomba di tingkat Jawa Tengah, semoga sukses menjadi juara di tingkat Nasional mengulang sejarah kemenangan tahun 2013.

100_6306100_6227

100_6233100_6433

100_6424100_6440