Kerjasama UPPM

Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang adalah Perguruan tinggi kedinasan yang mendidik para penyuluh pertanian, diharapkan dapat menghasilkan tenaga penyuluh pertanian yang mampu berkompetisi secara nasional.

Disamping hal tersebut diatas Polbangtan YoMa juga melakukan Kerjasama dengan instansi/lembaga lain yang saling memberikan manfaat, dan Melakukan Pelayanan kepada masyarakat.

 A.    Bidang Kerjasama

Kegiatan kerjasama yang dilakukan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang dengan instansi/lembaga lain adalah sebagai berikut :

1) Pembuatan Nota Kesepahaman oleh Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang dengan Universitas Muhammadiyah Purworejo, dengan Nomor : 1357/SM.620.J.2.9/07/2012.

Maksud dan tujuan diadakannya kerjasama antara  Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang dengan Universitas Muhammadiyah Purworejo adalah meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa terhadap kondisi peternakan dan industri peternakan yang saat ini berkembang di masyarakat.

Kegiatan  kerjasama anatar 2 (dua) lembaga adalah dalam bentuk kerjasama pendidikan meliputi Ceramah, praktek, observasi, diskusi, dokumentasi, dll.

Ruang lingkup kegiatan kerjasama pendidikan oleh Universitas Muhammadiyah Purworejo yang mencakup Study observasi tentang Science yang ada di Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang, Pertukaran teknologi informasi, dan Pengembangan Science.

2) Pelatihan Penyuluhan bagi tenaga penyuluh swakarsa di PT.  Merabu Sorobayan Tegalrejo Magelang, yang didasarkan pada Surat Kesepakatan  Kerjasama antara Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang dengan PT Merabu  Nomor : 297/SM.620/J.2.9/02/2012.

Kegiatan Pelatihan Penyuluhan Pertanian bagi Petugas Lapangan MERABU yang meliputi 32 Field Force, 4 Field Supervisor, dan 8 Buyer/Grader. Pelatihan penyuluhan bagi petugas lapangan  Merabu kerjasama dengan Polbangtan YoMa, dilaksanakan dalam kurun waktu dimulai sejak tanggal 21 Februari 2012 sampai dengan tanggal 14  April 2012.  Dengan kegiatan latihan sebanyak 7 (tujuh) kali tatap muka / praktek, dimana tiap kali tatap muka / praktek meliputi 4-8 jam ( 1 jam latihan dihitung 45 menit).  Waktu pelatihan dipilih pada hari Sabtu dengan frekuensi latihan satu minggu sekali, dimulai pada waktu pagi hari (jam 08.00 WIB).

Kegiatan Pelatihan Penyuluhan Pertanian bagi Petugas Lapangan MERABU bekerjasama dengan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang diselenggarakan di MERABU Jl. Elo-Sorobayan KM 1, Desa Banyuurip, Kecamatan Tegalrejo  Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Pihak Polbangtan YoMa menyediakan instruktur/pelatih yang diperlukan pihak Merabu, dan pihak Merabu menyediakan fasilitas pelatihan penyuluhan serta pembiayaan untuk pelatihan penyuluhan bagi petugas lapangan MERABU.

3) Pembuatan Nota Kesepahaman kegiatan pemberdayaan kelompok tani oleh STPP Magelang, Dinas peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, dan Badan  Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan dengan Nomor : 1195/HM.230/J.2.9/06/2012 ; Nomor : 524/1117/29/2012; dan Nomor : 901/1987/60/2012.

Maksud dan tujuan diadakannya kerjasama antara  Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, dan Badan  Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan adalah Meningkatkan peran Polbangtan YoMa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi; Meningkatkan peran Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang dalam pemberdayaan kelompok tani-ternak; Meningkatkan peran Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magelang dalam pemberdayaan Kelompok tani.

Adapun bentuk kerjasama tersebut adalah  Kegiatan Kerjasama Penguatan Kelembagaan Penyuluhan Pertanian Dan Pemberdayaan Kelompok Tani dilaksanakan dalam berbagai bentuk seperti : pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, fasilitasi kelompok tani, penyuluhan, pendampingan, dan pelatihan.

Sedangkan ruang lingkup kegiatan Kerjasama adalah kerjasama dalam penguatan kelembagaan penyuluhan pertanian dan pemberdayaan kelompok tani adalah yang mencakup  : Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi; Pengembangan peternakan dan kesehatan hewan; Penyelenggaraan penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa.

Nota Kesepahaman / Kerjasama tersebut ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan, diantaranya koordinasi anatara ketiga instansi dalam pelaksanaan program pembangunan pertanian terutama dalam bidang peternakan, pelatihan-pelatihan / peningkatan kapasitas penyuluh pertanian (pengembangan kerjasama dengan BPPK), dll.

4) Study banding kelompok tani binaan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pulangpisau Provinsi Kalimantan Tengah di STPP Magelang.

Peserta Study Banding dari Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah berjumlah 5 orang yang terdiri 4 orang pengurus kelompoktani dan 1 orang penyuluh pertanian pendamping (merupakan alumni dari STPP magelang).  Tujuan dilaksanakan study banding tersebut adalah dalam upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan kelompok tani khususnya kelompok ternak dalam melaksanakan kegiatannya sesuai dengan peran dan fungsinya yaitu sebagai kelas belajar, unit produksi usaha tani ternak dan wahana kerjasama antara anggota kelompok dengan pihak lain.  Agar dapat hidup sejahtera, para petani ternak diantaranya harus berusaha meningkatkan pendapatannya, yang berarti harus menjalankan usaha ternaknya dengan lebih produktif, sehingga lebih menguntungkan. Untuk itu mereka memerlukan pengetahuan, keterampilan, motivasi usaha yang terus menerus dan berkesinambungan.

Dengan lebih efektifnya pemberdayaan kelompok tani ternak oleh aparat di lapangan, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku, kemandirian dalam mengelola usahanya, produksi dan produktivitas usaha serta adanya peningkatan pendapatan mereka menuju taraf hidup yang lebih baik.        Untuk menunjang profesionalisme dosen dan tenaga sumber belajar, Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat juga memfasilitasi untuk mengadakan kegiatan penelitian.

Manfaat dari kegiatan study banding ini adalah menumbuhkan dan mengembangkan  potensi kelompok tani ternak yang yang ada di Kabupaten Pulangpisau Kalimantan Tengah; Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan para petani ternak dan keluarganya sebagai subyek pembangunan melalui pendekatan kelompok agar lebih mandiri.

B.     Pelayanan kepada Masyarakat

Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang mengimplementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi diantaranya berupa pelayanan kepada masyarakat yng membutuhkan.

Kegiatan pelayanan yang sering dilayani oleh Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang melalui UPPM  adalah kunjungan  dari masyarakat umum maupun institusi diwilayah Kabupaten maupun Kota Magelang, bahkan dari wilayah lain.

  1. Objek Kunjungan.

Adapun objek kunjungan adalah Laboratorium – laboratorium lapang yang ada di Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang ini, diantaranya adalah:

  • Laboratorium Ternak besar
  • Laboratorium ternak kecil
  • Laboratorium ternak unggas dan aneka ternak
  • Laboratorium pengolahan pakan ternak
  • Laboratorium pengolahan susu dan limbah

Materi yang di sampaikan adalah, tata laksana pemeliharaan ternak, produksi dan reproduksi ternak pengolahan pakan ternak serta pengolahan sisa hasil ternak dan limbah.

     2.  Tenaga Pengampu

Tenaga yang melayani para tamu yang berkunjung ke Polbangtan YoMa adalah tenaga kerja yang mendapat tugas tembahan dari Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang yang dituangkan dalam Surat Penugasan dengan nomor. 149/Kp.340/J.2.9/03/2009 tanggal 24 maret 2009.

     3.  Prosedur Kunjungan

Setiap tamu yang akan berkunjung, baik itu institusi maupun kelompok diwajibkan membuat surat ijin yang ditujukan kepada Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

    4.  Kontribusi

Setiap insitusi yang berkunjung ke Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang di minta kontribusi sebesar Rp. 3.500/ anak, adapun dana tersebut digunakan untuk membeli susu, kemudian susu tersebut diberikan  kepada anak, disamping mendapat susu, anak juga mendapat satu buah poly bag yang isinya satu buah tanaman horticultura, dan juga ada para tamu khusnya TK maupun PAUD disamping kunjungan juga minta dilaksanakan out boud. Berkenaan dengan kegiatan tersebut penyelenggaran juga diwajibkan setor ke negara berupa PNBP sebesar RP. 50.000,-

    5.  Asal Pengunjung

Selama tahun 2012 ini tamu yang berkunjung ke Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang diantaranya sebagai berikut:

  • Kelompok Bermain Rumah Bintang Kota magelang sebanyak 45 anak
  • PAUD Permata Bunda Girirejo Tegalrejo sebanyak 30 anak
  • TK. Mutiara Hikmah Kota Magelang sebanayak 25 anak
  • TK. Pertiwi Tampir Kulon Candimulyo Kab.Magelang sebanyak 32 anak
  • PAUD Permata Hati Kota Magelang sebanyak 30 anak
  • TK. Muslimat NU Payaman Kab. Magelang sebanyak 94 anak.
  • PAUD Azzahra NU Salaman Kab Magelang sebanyak 17 anak
  • PAUD Izzul Islam Windusari Kab. Magelang sebanyak 50 anak
  • PAUD Aisyiyah Mertoyuda Kab. Magelang sebanyak 50 orang
  • SMK N 1 Ngablak Kab Magelang sejumlah 125 anak
  • PAUD Tunas Harapan Kota Magelang sebanyak 23 anak.
  • Kunjungan dari kelompok tani/FMA Ambar ketawang Mungkid pada tanggal 26 Desember 2012