PENUH PRESTASI, TAK AYAL ALVI JADI LULUSAN TERBAIK POLITEKNIK LINGKUP KEMENTERIAN PERTANIAN

Optimal dalam menjalani perannya sebagai mahasiswa, menghantarkan Alvi Intan Nur Aisyah, menjadi lulusan terbaik pada Wisuda Nasional Politeknik Lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2022. Bungsu dari pasangan Bapak Wakidi dan Ibu Sunarti ini berhasil menjadi lulusan terbaik di antara yang terbaik dengan predikat Cumlaude dan raihan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,97.

Berkesempatan diwisuda langsung oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Auditorium Kementerian Pertanian pada Sabtu (27/8) lalu, Alvi mengaku sangat bahagia dan berterimakasih kepada pihak-pihak yang selama ini telah memberikan dukungan luar biasa sehingga dirinya bisa mencapai pada titik ini.

“Bahagia dan sangat bersyukur atas kesempatan dan hadiah indah yang selalu Allah berikan. Capaian ini saya sadari bukan hanya berkat upaya saya sendiri, tapi ada orangtua yang selalu mendoakan, bapak-ibu dosen yang tanpa lelah membimbing, dan teman-teman seperjuangan yang senantiasa ada saat suka maupun duka,” tutur Alvi.

Tak heran perempuan 22 tahun ini disandangi lulusan terbaik, pasalnya selama menjalani kuliah dirinya tidak melulu hanya mengikuti kegiatan perkuliahan formal. Ia turut aktif mengikuti berbagai kegiatan dan organisasi. Di lingkungan kampus Ia aktif dalam organisasi Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) selama tiga periode hingga pernah menjadi Ketua Komisi B-Aspirasi dan Advokasi. Beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) juga diikutinya, salah satunya yaitu UKM Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa.

Tidak hanya sampai di situ, kecintaan Alumni Program Studi Agribisnis dan Hortikultura (AH) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang terhadap bisnis dan pertanian, berhasil memotivasinya untuk membangun “Rumah Mengakar”. Suatu bisnis yang bergerak dibidang pembibitan tanaman herbal, sekaligus wadah gerakan untuk mengajak masyarakat cinta terhadap pertanian.

Rumah Mengakar tidaak hanya menjual bibit, tapi ada program menanam untuk masyarakat sekitar dengan sasaran anak anak. Programnya saya namai Berani Bertani,” terangnya.

Alvi juga menaruh minat yang besar pada dunia kepenulisan, Ia berhasil menulis buku antologi cerpen dengan judul “Cakrawala Rasa” yang diterbitkan oleh Pelangi Media pada tahun 2021. Karya lainnya juga tertuang dalam buku berjudul “Ayo Mengenal Tanaman Herbal Bermanfaat” dan “Amazing Fruit and Vegetables” terbitan Leguty Media yang ditulis berkolabroasi dengan penulis lainnya.

“Menulis menjadi salah satu media untuk saya menyalurkan ilmu yang saya dapat, melalui menulis saya berharap dapat menebar manfaat yang seluas-luasnya,” ucap Dara kelahiran Magetan ini.

Meskipun menempuh kuliah di Pendidikan Vokasi yang memiliki ritme perkuliahan sangat padat, tidak menghalanginya untuk tetap aktif menorehkan prestasi. Ia mengaku malah bersyukur karena dengan pola pendidikan vokasi, dirinya semakin tertempa.

“Pendidikan vokasi memiliki ritme dan suasana belajar yang sangat padat dan dinamis. Beberapa kegiatan seperti kegiatan praktik mata kuliah, magang, Praktik Kerja Lapangan (PKL), hingga Tugas Akhir (TA) sangat menyenangkan dan menantang. Menyenangkan karena kami dapat bertemu dan belajar langsung dari praktisi, serta menantang karena kami ditempa untuk menjadi mahasiswa yang siap menjadi job creator dan job seeker dengan bobot perkuliahan yang menekankan pada praktik dibanding teori,” katanya.

Melalui beberapa kompetisi yang diikutinya, berikut sederet prestasi yang berhasil ditorehkan selama di bangku perkuliahan:

  • Juara 3 LKTI Nasional di STIPAP Medan 2019
  • Top 100 Essays dalam Lomba Menulis Esai Nasional SDGS Future Leader League 2019
  • Finalis Agriculture Innovation Technology Challenge 2019
  • Top 99 Lomba Menulis Cerpen Nasional Tulis.me 2019
  • Juara Harapan 3 Lomba Kreasi Olahan Pangan Inovatif Biofarmaka Se-Provinsi DIY 2020
  • Juara 1 Lomba Menulis Human Interest Story of 4R IBU Foundation 2020
  • Narasumber Kegiatan Livestreaming  Youtube IBU Foundation dengan Tajuk “Aksi Nyentrik Pemuda Tani dengan Sampah Plastik” 2020
  • Penulis Terpilih dalam Buku “Cakrawala Rasa” Penerbit Pelangi Media 2021
  • Semifinalis National Business Plan Competition IDEAS Batch 7 2021
  • Juara 1 Lomba Menulis Esai dalam Acara Kongres Nasional IMMPI 2021

Usai lulus dari Polbangtan Yogyakarta Magelang, Gadis manis berkacamata ini berencana akan mengembangkan bisnis tanaman herbalnya sembari memperdalam ilmu tentang Agribisnis. Ia turut berharap semoga pertanian Indonesia semakin keren, maju, mandiri, dan modern dengan diiringi meningkatnya jumlah dan skill petani milenial di seluruh penjuru negeri.

-HG