Polbangtan YoMa Gelar Peningkatan Kompetensi Produksi Pakan Ternak

Pakan ternak yang sehat dan seimbang adalah makanan yang mengandung unsur-unsur nutrisi yang konsentrasinya sangat bervariasi, tergantung pada jenis, macam dan keadaan bahan pakan tersebut yang secara kompak akan mempengaruhi tekstur dan strukturnya. Unsur nutrisi yang terkandung di dalam bahan pakan secara umum terdiri atas air, mineral, protein, lemak, karbohidrat dan vitamin, agar dapat menjalankan bisnis yang sukses, peternak harus mengelola berbagai faktor yang berdampak positif pada perkembangan, pertumbuhan, kesehatan, dan produktifitas ternak.

Sebagian besar aspek kinerja dan produktifitas ternak sangat dipengaruhi oleh nutrisi pakan ternak. Seperti siklus kehidupan ternak, kebutuhan nutrisi mungkin saja berubah, dan tujuan produksi juga menentukan kebutuhan akan nutrisi ternak. Bahan yang dipergunakan juga beraneka ragam mulai dari bahan organic sampai bahan kimiawi. Pakan ternak yang di berikan pun juga harus mempunyai nutrisi yang seimbang agar ternak bisa tumbuh berkembang dengan baik.

Kegiatan peningkatan kompetensi mahasiswa dalam bidang produksi pakan ternak merupakan salah satu upaya memberi bekal keterampilan terapan  bagi mahasiswa Program Studi Teknologi Pakan Ternak. Kegiatan diselenggarakan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu yang merupakan lembaga yang kredible dan terstandar dalam hal penyelenggaraan pelatihan pakan ternak, sehingga hasil dari kegiatan ini dapat menjadi bukti kompetensi tambahan pendamping ijasah jika kelak mereka lulus dari Polbangtan.

Melalui kegiatan peningkatan kompetensi bidang produksi pakan ternak ini, diharapkan mahasiswa mampu memproduksi pakan dengan  bahan baku yang berkualitas namun dengan harga yang  bersaing sehingga diperoleh margin yang besar saat memanfaatkannya atau menjualnya. Selain itu mahasiswa juga diharapkan dapat mengaplikasikan SOP terkait produksi pakan ternak, mereka akan dibekali kesiapan untuk berkompetisi kompetensi jika kelak ingin bekerja di perusahaan pakan sebelum akhirnya berwira usaha pakan ternak. Hal ini akan dicapai melalui penambahan kompetensi dan pembelajaran dengan pendekatan Teaching Factory yaitu kunjungan praktek lapang ke pabrik pakan ternak, baik ruminansia maupun unggas, diharapkan mahasiswa lebih siap dalam menghadapi dunia usaha ataupun dunia kerja setelah mereka menyelesaikan pendidikan di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta – Magelang, Program Studi Teknologi Pakan Ternak.

 

WAKTU

11 Juli 2022 s/d 17 Juli 2022 atau 8 hari (setara 56 jam pelajaran @ 45 menit).

 

MANFAAT

Peningkatan kompetensi produski pakan ternak ini sebagai tambahan kompetensi bagi mahasiswa serta bekal mahasiswa setelah lulus supaya siap menjadi job creator ataupun job seeker atau dapat membuat pakan ternak sendiri, sehingga dapat menghasilkan hasil pakan ternak yang berkualitas baik dan maksimal.

TARGET & TUJUAN

  1. Mahasiswa dapat mengetahui tentang pakan ternak yang sehat dan seimbang
  2. Mahasiswa dapat mengetahui bahan-bahan local untuk pembuatan pakan ternak
  3. Mahasiswa dapat mengetahui kandungan nutrisi pada pakan ternak
  4. Mahasiswa dapat mengetahui peralatan pembuatan pakan ternak
  5. Mahasiswa dapat membuat pakan berkualitas sesuai dengan kebutuhan nutrisi ternak

 

METODE

Penyelenggaraan  kegiatan peningkatan kompetensi mahasiswa di bidang produksi pakan ternak menggunakan metode pembelajaran sebagai berikut:

  1. Kuliah teori/ceramah
  2. Tanya jawab/diskusi
  3. Simulasi
  4. Praktik
  5. Kunjungan Praktik Lapang
  6. Penugasan