Siasati Pembelajaran Dimasa Pandemi, Polbangtan Yoma Adakan Workshop

Pandemi covid 19 yang mulai merebak di awal 2020 telah mengubah semua tata kehidupan masyarakat di berbagai belahan dunia. Tidak terkecuali dalam sistem pendidikan di Indonesia. Pendidikan vokasi yangvmenerapkan porsi pembelajaran praktik lebih besar dari teori, harus memgubah strategi pembelajaran. Pembelajaran praktik lapangan pum diubah menjadi simulasi. Polbangtan Yogyakarta Magelang, jurusan peternakan pun harus beradaptasi dengan kondisi ini. Praktik yang biasanya dilakukan di kampus pun harus beralih ke pemanfaatan sumberdaya yang ada di lingkungan tempat tinggal mahasiswa.

Untuk menyikapi hal tersebut, polbangtan yoma jurusan peternakan menyelemggarakan workshop persiapan pembelajaran semester genap ta 2020/2021. Workshop dilakukan selama 3 hari, mulai 27 Jan 2021 sd 29 Jan 2021 dengan diikuti 50 peserta yybterdiri dari dosen, plp, calon dosen, calon plp, dan tenaga kependidikan di Hotel Atria Magelang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt. Wakil Direktur II drh. Yudiani Rina Kusuma, MP, dalam sambutan tersebut beliau menekankan agar selalu menerapkan protokol  kesehatan terutama 3 M (Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) demi kesehatan kita semua, dalam kegiatan  workshop ini sangat penting diikuti oleh semua peserta karena berkaitan dengan proses pembelajaran kedepan.

Arahan Direktur Polbangtan Yoma yang disampaikan oleh Wadir II, rencana pembelajaran secara luring, untuk mahasiswa semester akhir masih menunggu perkembangan dan persetujuan dari gugus covid-19 Kabupaten Magelang. Kegiatan PKL I dan II bagi mahasiswa Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan direncanakan dilakukan di lokasi masing-masing mahasiswa tinggal. Harapan selanjutnya tidak hanya output kegiatan tetapi RPS, SAP, SAPRA dan AP saja yang perlu digaris bawahi tetapi bahan praktek untuk semester genap sudah jadi penyusunannya pada kegiatan workshop ini, dan sarana pendukung lainnya pada polbangtan yoma jurusan peternakan, mengetahui kesiapan bidang akademik dalam melaksanakan persiapan pembelajaran untuk semester genap T.A. 20020/2021.Sasaran kegiatan workshop ini seluruh dosen, calon dosen, PLP, calon PLP dan tenaga administrasi pendidikan Polbangtan Yoma jurusan peternakan

 

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara luring maupun daring bagi peserta maupun narasumber, untuk narasumber sebanyak 4 orang yaitu Surateno, S.Kom, M.kom dari Politeknik Jember yang dilaksanakan secara during, , Dr. Lutfi Djajanto dari Direktorat Pendidikan vokasi dan Profesi kemendikbud yang dilaksanakan secara daring, Dadang Tri Wahyudi, ST dan Alif Subandono, ST, Meg dari Manajemen Penjaminan Mutu, Sekolah Vokasi UGM dilaksanakan secara luring.

Dengan Kegiatan Workshop Persiapan Pembelajaran Semester Genap TA 2020/2021 dilaksanakan untuk menyusun kelengkapan sarana pembelajaran yang diperlukan dan mengetahui kesiapan bidang akademik dalam mendukung pelaksanaan pendidikan pertanian Polbangtan Yogyakarta-Magelang, Kampus Magelang. Untuk kelancaran kegiatan dan pencapaian hasil yang tepat waktu, diperlukan kejasama dan sinergi antar berbagai elemen, baik internal, pihak luar dan pemangku kebijakan yang lain.