Wujudkan SDM Pertanian Unggul, Polbangtan Kementan Bekali Mahasiswa dengan Sertifikat Kompetensi

Juli 28, 2022 |
Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang melaksanakan kegiatan sertifikasi kompetensi bagi Mahasiswa Program Studi Teknologi Benih. Hal tersebut merupakan bentuk perwujudan dukungan menciptakan SDM Pertanian unggul dan berkualitas yang terus diupayakan oleh Kementerian Pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan berulang kali menyatakan bahwa SDM unggul dan berkualitas merupakan kunci keberhasilan pembangunan pertanian Indonesia, “SDM menjadi kunci penting dalam pembangunan pertanian untuk menghadapi berbagai tantangan dan ancaman. Bukan hanya sekedar unggul dan berkualitas, tapi juga harus adaptif, profesional dan berpikir kreatif.”

Senada dengan Mentan, Dedi Nursyamsi selaku Kepala Badan PPSDM Pertanian menuturkan bahwa pendidikan vokasi menjadi salah satu wadah untuk menciptakan SDM unggul, “Melalui pendidikan vokasi, Kementan melahirkan SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja atau job seeker pertanian andal dan unggul serta sebagai pengusaha pertanian atau job creator milenial andal, kreatif, inovatif, profesional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin.”

Direktur Polbangtan Yogyakarta Magelang melalui Ketua Pelaksana Kegiatan, Pitri Ratna Asih mengatakan bahwa sertifikat kompetensi merupakan bukti tertulis atas penguasaan kompetensi kerja pada jenis profesi tertentu yang diakui negara. Sertifikat tersebut diterbitkan oleh lembaga yang berwenang di bidang terkait, seperti organisasi profesi.

“Peningkatan kualitas lulusan dapat dilakukan dengan cara menciptakan atau mengembangkan kemampuan dan kapabilitas. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengikuti program pelatihan bersertifikat resmi atau yang dikenal dengan program pelatihan bersertifikasi,” terang Pitri.
Sertifikasi kali ini, sambung Pitri, ditujukan untuk asesmen sebagai Pengawas Benih Tanaman (PBT). Sebanyak 68 Mahasiswa mengikuti kegiatan ini selama 5 hari meliputi rangkaian Bimbingan Teknis, asesmen tertulis, dan asesmen lapangan.

“Selain asesmen secara tertulis, peserta juga akan diasesmen di lapangan yang berlokasi di PB Usaha Tani, CV Tunas Mandiri, dan lahan petani di Kabupaten Bantul. Ketrampilan yang diasesmen antara lain yaitu Ketrampilan yang diasesmen antara lain pemeriksaan lahan fase pendahuluan, vegetatif, berbunga, dan menjelang masak, pengambilan contoh benih, dan pemberian sertifikat serta pengawasan pemasangan label,” rinci Pitri.

Bekerjasama dengan Asosiasi Perbenihan Indonesia (ASBENINDO) dan Balai Pengembangan Perbenihan dan Pengawasan Mutu Benih Tanaman Pertanian (BP3MBTP), setidaknya melibatkan 12 orang asesor sebagai tim penguji. Abdul Hamid Fauzie, salah satu asesor dari ASBENINDO mengatakan bahwa Fungsional Pengawas Benih Tanaman (PBT) merupakan salah satu pelaksana dari kebijakan-kebijakan pemerintah memegang peranan penting dalam menjamin mutu benih yang beredar di masyarakat. Tanggung jawab sebagai pemeriksa mutu benih dan pengawasan peredaran benih dan tanggung gugat apabila ada kesalahan dalam.

“PBT memegang peran yang sangat penting dalam proses sertifikasi, memeriksa mutu benih dan mengawasi peredaran benih. Karena beban kinerja itu maka seorang PBT dituntut untuk mampu menunjukkan kompetensi dan pengalamannya dalam melaksanakan tugas secara akuntabel, transparan dan independen. Dengan demikian konsumen akan merasa terlindungi, tidak akan dikecewakan karena adanya jaminan kondisi benih pada saat ditanam di lapangan,” pungkas Abdul Hamid.
-HG
KAMPUS MAGELANG
Jl. Magelang – Kopeng KM.7 - Magelang, Jawa Tengah
Kotak Pos 152 , Kode Pos 56101
KAMPUS YOGYAKARTA
Jl. Kusumanegara No.2 Umbulharjo, Yogyakarta
(0292) - 364188
(0293) – 313032
info@polbangtanyoma.ac.id
Jam layanan : Senin - Kamis, Jam 7.30 - 16.00 WIB
Jam layanan : Jumat, Jam 7.30 - 16.30 WIB
© Copyright 2022- POLBANGTANYOMA - All Rights Reserved
Translate »
magnifierchevron-downcross-circle linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram